Toek Pitoe Mini Café, Perpaduan Atmosfer Jawa ‘Tempo Doeloe’ dan Alam di Lereng Merapi

By Ann Nurafifah - 22.29

Tempat kongkow kawula muda yang ‘gaya’ dengan harga miring


Malam memang terasa lebih dingin di kaki pegunungan. Namun langkah kami belum surut untuk berjalan menikmati malam. Sembari minum coklat panas, ditemani roti bakar dan jamur goreng, suasana malam yang berbeda kami dapatkan di tempat ini. Interior yang unik membuat tempat ini semakin  nyaman untuk bersantai. Senandung jangkrik terdengar syahdu dari balik jendela yang menuju langsung pemandangan area persawahan malam hari.


Sebuah bangunan kecil bernuansa jawa tempo dulu dengan halaman yang tak terlalu luas menarik perhatian kami saat melewati Jalan Raya Pakem – Turi. Bangku – bangku taman bermaterial kayu berjajar memanjang di bawah temaram lampion yang memberi nuansa romantis di sisi depannya. Bangunan itu memiliki dua pintu dan jendela yang terbuka lebar hingga pernak – pernik di bagian dalam ruangannya dapat terlihat dari luar. Pemandangan yang unik, hingga sempat menyita perhatian kami ditandai dengan laju sepeda motor yang semakin pelan, lantas setelah berhenti sejenak kami memutuskan mampir ke tempat tersebut karena sudah dibuat penasaran.
Toek Pitoe Minicafe. Dilihat dari namanya, tempat ini memang berupa café  berukuran kecil. Namun begitu, nuansa berbeda terasa saat kami mulai memasuki halaman café. Begitupun saat memasuki bagian dalamnya, pandangan kami tak bisa lepas untuk mengamati berbagai sisinya. Dipermanis dengan beragam aksesoris yang ‘khas’ menjadikan café ini terlihat semakin nyentrik. Bangunan bernuansa jawa kuno ini dilengkapi dengan berbagai perabotan bernuansa kuno. Mulai dari kandang ayam kecil di sisi pintu dengan celengan ayam setengah pecah di atasnya, kentongan besar berbentuk cabai di sisi pintu, lampu petromak, payung tua, satu set meja kursi bergaya oriental, hingga sepeda onthel tua yang tergantung di salah satu sudut café, seolah membawa kita ke masa lalu. Ada juga piring – piring hias, bunga – bunga mini dalam vas, blackboard dengan lettering art-nya memberi nuansa vintage. Atmosfer Jawa tempo dulu dengan beberapa percampuran budaya tersebut semakin lengkap dengan kehadiran furniture kayu dengan potongan yang dibuat sedemikian alami, beberapa foto pemandangan khas lereng merapi dan tata ruang yang membuat café kecil ini semakin menyatu dengan alam pedesaan yang asri. Perpaduan yang apik dan nyaman untuk bersantai sembari mengisi perut.
Tak hanya interior, menunya pun memiliki konsep unik dengan tampilan yang tak kalah menarik. Hal ini membuat Toek Pitoe Minicafe cocok bagi anda untuk kongkow, atau ber-groufie ria dengan setting interior dan tampilan menu unik, yang pasti akan semakin membuat foto anda semakin terlihat memukau. Ada beberapa menu yang namanya terdengar aneh seperti lava pijar, merapi dan laut, merah merona, dan senja merapi. Nama – nama tersebut memang tak jauh dari kesan suasana di lereng merapi.
Tempat ini menyediakan tiga jenis menu, yaitu minuman, snack, dan menu ‘kantong kering’ yang sesuai namanya memang harganya terjangkau. Minumannya meliputi aneka milkshake, kopi, teh, berbagai minuman panas dan minuman dingin. Harga antara 2-10K. Untuk snack harga antara 7 – 13K. Menunya lebih berupa cemilan atau dessert antara lain spicy wing, pancake, sosis bakar, pisang panggang, kentang goreng, pisang goreng, dan jamur goreng. Untuk menu kantong kering, tentu harganya juga miring yaitu  antara 4 – 10K. Menunya yaitu nasi tempe/ tahu/ jamur/ telur/ sosis/ nugget, nasi campur toek pitoe (gratis es teh), mi goreng/ rebus dengan tambahan telur/ kornet/ keju/ sosis.
Anda bisa memilih bersantai dan menikmati makanan baik indoor maupun outdoor karena kedua bagian tersebut sama – sama nyaman dan memanjakan mata. Apalagi jika anda mengunjungi café ini malam hari, karena kesan yang unik akan lebih menyala dengan pencahayaan lampion di bagian depannya, dan segarnya udara malam dengan pemandangan pematang sawah. Café ini cocok menjadi pilihan bagi anda yang ingin bersantai, buka saat siang atau pun malam. Anda dapat mengunjungi café ini pada hari Selasa – Kamis pukul 10.00 – 22.00, Sabtu – Minggu pukul 13.00 – 22.00. Namun jangan datang hari senin karena café ini tutup. Anda tak perlu ragu datang kesini, karena café ini juga menawarkan banyak promo yang sering ditawarkan lewat instagramnya. Selain itu, tak hanya acara kongkow bersama teman saja yang dapat anda nikmati. Toek Pitoe Minicafe juga menerima reservasi untuk acara pesta ulang tahun atau atau perayaan lainnya, seperti anniversary.

Alamat: Jalan Raya Pakem – Turi km 1,5 Mangunan, Hargobinangun, Pakem, Yogyakarta (depan pom bensin mangunan pakem)
Twitter: @toek_pitoe
Instagram: @toekpitoeminicafe
Telp: 0812 4556 8228

Buka: Selasa – Kamis : pk 10.00 – 22.00. Sabtu – Minggu : pk 13.00 – 22.00. Hari senin libur 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar